0728-21345

skpd@lampungbarat.go.id

Kabupaten Lampung Barat Gelar Aksi Tanam Pohon Serentak

26 Agustus 2018 | Super Administrator | 80 Dilihat

Jum,at/09/11/2018 – Dalam rangka kegiatan penanaman pohon serentak disetiap Kecamatan yang dilaksankan pada hari ini, kegitan ini dipusatkan pada dua  kecamatan yaitu Kecamatan  Lombok Seminung dan Kecamtan Batu Brak kabupaten Lampung Barat.

Kegiatan ini di hadadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian Ir. Natajudin Amran di Lombok Seminung, Bidang Administrasi Umum Ir. Noviardi Kuswan di Batu Brak.

Kegiatan ini adalah bentuk tidak lanjut Kabupaten Lampung Barat dikukuhkan sebagai Kabupaten konsevasi serta bersamaan dengan hari Puspa dan hari Satwa Nasioanal.

 Selanjutnya, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penghijaun, selai  itu, kegiatan menanam pohon ini merupakan upaya jangka panjang. Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan kegiatan konservasi yaitu upaya perlindungan dan pengelolaan yang hati-hati terhadap lingkungan dan sumber daya alam.

Berikutnya, untuk melindungi kekayaan ekosistem alam dan memelihara proses – proses ekologi maupun keseimbangan ekosistem secara berkelanjutan. Untuk melindungi spesies flora dan fauna yang langka atau hampir punah. Untuk melindungi ekosistem dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor alam, mikro organisme dan lain-lain.

Setelah itu, beberapa cara menjaga kelestarian diantaranya adalah menanam pohon di berbagai tempat, menanam tanaman hias,  mengurangi dan menghindari pengunaan gas-gas kimia, mengupayakan pengurangan pembuangan gas-gas sisa pembakaran, membangun cerobong asap yang cukup tinggi.

Adapun program yang akan dilaksanakan adalah program jangka pendek dengan melakukan vegetasi, dan program jangka menengah adalah meningkatkan partisifasi masyrakat dalam kegiatan konsevasi dan program jangka panjang merupakan terciptanya budaya konservasi, target keberhasilan pembangunan kabupaten konservasi yaitu lingkungan atau alam lestari dan masyarakat sejahtera.

Mencanangkan Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten konservasi adalah wujud dari misi pertama diantaranya adalah “membangun wilayah melalui pembangunan inprastruktur secara berkeadilan dengan memperhatikan aspek mitigasi bencana serta berwawasan lingkunagn” dalam hal menuju Lampung Barat hebat dan sejahtera.

Harapan bahwa, hasil dari kegiatan ini dapat kita rasakan manfaatnya dimasa depan yaitu menikmati kualitas lingkungan yang semakin baik.

(Rian Ariska/Nunun Gempita KOMINFO)


Tags: